Friday, June 21, 2013

KONTES LITERASI MATEMATIKA (KLM) IV DAN SEMILOKA PISA 2013



Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting terhadap kemajuan suatu bangsa. Banyak pendapat mengatakan bahwa kemajuan suatu Negara dapat dilihat dari kemajuan pendidikannya. Pada Pasal 20 Ayat 2 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa “Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.”
Dewasa ini yang masih menjadi pembicaraan hangat dalam masalah mutu pendidikan adalah prestasi belajar siswa dalam suatu bidang ilmu tertentu. Menyadari hal tersebut, maka pemerintah bersama para ahli pendidikan berusaha untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan. Upaya pembaruan pendidikan telah banyak dilakukan pemerintah, diantaranya melalui seminar, lokakarya dan pelatihan-pelatihan dalam hal pemantapan materi pelajaran serta pendekatan pembelajaran untuk bidang studi tertentu misalnya matematika dan lain-lain.

 
Untuk menghadapi persaingan global maka dibutuhkan peran perguruan tinggi yang mampu melahirkan peserta didik berorientasi Iptek dan Imtak, yang memiliki kemampuan dalam berbagai aspek, diantaranya adalah pendidik yang mampu memberi inspirasi kepada peserta didik untuk berpikir maju dan memiliki jiwa kompetitif dalam berbagai sendi kehidupan, salah satunya melalui kegiatan PISA (Programme for International Student Assessment).
PISA merupakan suatu penilaian yang diikuti para negara maju dan berkembang, dimana aspek yang dinilai meliputi Reading, Mathematics, dan Science. PISA diadakan setiap 3 tahun sekali, dan berdasarkan hasil OECD PISA pada tahun 2009 untuk matematika Indonesia menempati peringkat ke-61 dari 65 negara peserta.
 Oleh karena itu, kami yang tergabung dalam mahasiswa pendidikan matematika PPs UNSRI angkatan 2012 akan mengadakan kegiatan Kontes Literasi Matematika (KLM) IV dan Semiloka  tentang PISA bagi guru. Kegiatan ini juga dilaksanakan juga dalam rangka peringatan HUT Unsri ke-53 dan usaha membantu
pemerintah dalam bidang peningkatan mutu pendidikan. Selain itu, Kontes Literasi Matematika (KLM) IV dan Semiloka ini dilaksanakan serentak di 18 kota di Indonesia yaitu Palembang, Medan, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makasar, Banjarmasin, Padang, Semarang, Bali, Kupang, dan Malang. Pemenang dari setiap kota akan mengikuti Grand Final di Yogyakarta

0 comments:

Post a Comment